SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT RSUD KOTA MADIUN TAHUN 2018
Pelayanan publik merupakan suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat langsung menilai kinerja pemerintah berdasarkan kualitas layanan publik yang diterima, karena kualitas layanan publik menjadi kepentingan banyak orang yang dampaknya langsung dirasakan masyarakat dari semua kalangan.
Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survey Kepuasan Masyarakat. Survey Kepuasan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik. RSUD Kota Madiun telah melaksanakan survey yang dilaksanakan oleh pihak ketiga, dengan hasil sebagai berikut :
- MAKSUD TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :
- Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik dimaksudkan untuk mendapatkan data tingkat kepuasan melalui survey kepuasan kepada pelanggan terhadap pelayanan publik yang dilakukan di Unit Pelayanan Publik di RSUD Kota Madiun;
- Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik bertujuan untuk mendapatkan feed back / umpan balik atas kinerja/kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat guna perbaikan/peningkatan kinerja /kualitas pelayanan secara berkesinambungan
- LINGKUP KEGIATAN
Lingkup Kegiatan terhadap Pelayanan Publik dan diseminasi hasil penyusunan tingkat kepuasan tersebut pada 8 (delapan) unit pelayanan yaitu :
Instalasi Gawat Darurat
- Instalasi Rawat Jalan
- Instalasi Rawat Inap
- Ruang Perinatologi
- Instalasi Radiologi
- Instalasi Laboratorium
- Instalasi Farmasi
- Klinik Rehabilitasi Medik
- KARAKTERISTIK RESPONDEN
Profil demografi responden berdasarkan : (a) Jenis Kelamin (b) Pendidikan Terakhir (c) Usia dijelaskan pada grafik sebagai berikut :
Berdasarkan grafik di atas diketahui bahwa mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (70.77%). Jumlah responden yang berusia di atas 50 tahun merupakan yang paling banyak dengan prosentase sebanyak 45.97%, sedangkan responden yang berusia dibawah 30 tahun paling sedikit jumlahnya yaitu dengan prosentase sebesar 16.33% dari keseluruhan jumlah responden. Jika dilihat dari tingkat pendidikan terakhirnya, mayoritas responden dalam survey kali ini (yaitu sebanyak 47.18%) telah tamat SLTA/sederajat
- HASIL SURVEI
- Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan di RSUD Madiun yaitu 78.17 atau dengan kategori mutu pelayanan : B, naik 1.37 poin dibandingkan IKM tahun 2017.
- Berdasarkan unsur pelayanan masyarakat, peningkatan IKM terjadi pada unsur : kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, produk/ spesifikasi pelayanan, waktu pelayanan dan prosedur pelayanan
- Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan IGD, Ruang Perinatologi dan instalasi Radiologi mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017.
- Penurunan nilai IKM terbesar pada Pelayanan Ruang Perinatologi (menurun 3.67 poin), sedangkan kenaikan IKM tertinggi pada pelayanan Instalasi Rawat Jalan (meningkat 3.73 poin)
- Indeks kepuasan tertinggi pada tahun 2018, yaitu pada pelayanan klinik rehabilitasi medik (yaitu sebesar 81.89), sedangkan indeks kepuasan terendah pada pelayanan ruang perinatologi (yaitu sebesar 74.88).
- IKM Instalasi Farmasi, Radiologi, IGD, dan Ruang Perinatologi masuk dalam kategori C (Kurang Baik).
- IKM Klinik Rehabilitasi Medik, Instalasi Rawat Inap, Instalasi Rawat Jalan, Laboratorium masuk dalam kategori B (Baik)
Indeks Kepuasan Masyarakat di RSUD Kota Madiun Tahun 2018
Per Unit Pelayanan
Unit Pelayanan | Indeks Harapan | Indeks Kepuasan | Gap | IKM | Kategori mutu pelayanan |
Klinik Rehabilitasi Medik | 77.21 | 80.86 | 3.64 | 81.89 | B |
Instalasi Rawat Inap | 75.14 | 80.56 | 5.42 | 80.69 | B |
Instalasi Rawat Jalan | 82.25 | 79.43 | -2.82 | 80.23 | B |
Instalasi Laboratorium | 76.09 | 78.81 | 2.72 | 79.29 | B |
Instalasi Farmasi | 76.21 | 76.07 | -0.14 | 76.21 | C |
Instalasi Radiologi | 75.69 | 75.33 | -0.36 | 75.71 | C |
Instalasi Gawat Darurat | 74.72 | 74.98 | 0.26 | 74.94 | C |
Ruang Perinatologi | 75.00 | 74.73 | -0.27 | 74.88 | C |
RSUD Kota Madiun | 76.67 | 77.81 | 1.14 | 78.17 | B |
- REKOMENDASI
Unit Pelayanan | Prioritas Perbaikan Utama | Prioritas Perbaikan Kedua |
Klinik Rehabilitasi Medik | – | Biaya/Tarif pelayanan (Gap : 1.27) Penanganan pengaduan & masukan (Gap : 1.56) Persyaratan pelayanan (Gap : 2.15) Prosedur pelayanan (Gap : 2.34) Waktu Pelayanan (Gap : 2.73) Sarana & prasarana (Gap : 4.96) |
Instalasi Rawat Inap | Persyaratan pelayanan (Gap : 4.85 ) Produk spesifikasi pelayanan (Gap : 5.04) | Penanganan pengaduan & masukan (Gap : 2.99) Sarana & Prasarana (Gap : 3.67) Biaya/tarif pelayanan (Gap : 3.92) Waktu Pelayanan (Gap : 5.04) |
Instalasi Rawat Jalan | Persyaratan pelayanan (Gap : -8.64) Prosedur pelayanan (Gap : -8.21) | Biaya/Tarif pelayanan (Gap : -0.92) Penanganan pengaduan & masukan (Gap : -0.18) |
Instalasi Laboratorium | Persyaratan pelayanan (Gap : 0.74) Sarana & Prasarana (Gap : 1.70) Prosedur pelayanan (Gap : 1.72) | Penanganan pengaduan & masukan (Gap : 0.55) Waktu Pelayanan (Gap : 0.74) Biaya/tarif pelayanan (Gap : 1.29) |
Instalasi Farmasi | Produk spesifikasi pelayanan (Gap : -0.92) | Biaya/tarif pelayanan (Gap : -0.64) Sarana & Prasarana (Gap : – 0.11) Penanganan pengaduan & masukan (Gap : -0.37) |
Instalasi Radiologi | Kompetensi Pelaksana (Gap : -0.86) Produk Spesifikasi pelayanan (Gap : -0.98) | Waktu Pelayanan (Gap : -0.39) Biaya/tarif (Gap : -0.39) Prosedur pelayanan (Gap: -0.13) Penanganan pengaduan & masukan (Gap : -0) |